Model Baju Batik Sasirangan Modern Khas Kota Banjar

Model Baju Batik Sasirangan Modern Khas Kota BanjarJika anda dan keluarga lagi berkunjung ke wilayah Banjarmasin, disitu salah satu fashion item terkenalnya adalah kain sasirangan. Kalu dilihat sekilasan, kain sasirangan tidak begitu jauh berbeda dari batik jumputan khas kota jogja, hanya segi motifnya saja yang berbeda. Pada sesungguhnya, pemakian baju sasirangan tidak sebatas dikenakan oleh kaun wanita. Di daerah banjarmasin sendiri, kain tradisional tersebut kini telah menjadi pakaian wajib dan rutin setiap minggu oleh para pegawai negeri di sana.

IKLAN

Tidak mengherankan, jika motif serta modelnya semakin bertambah variatif.  Di masa yang lalu, warna seuntai kain batik sasirangan dipilihnya berdasarkan tujuan saat pembuatannya. Misalnya untuk pemilihan warna kuning, artinya perlambang buat seseorang yang sedang menjalani prosesi dalam penyembuhan dari penyakit kuning. Atau juga dengan warna merah, tujuannya untuk menyembuhkan sakit kepala. Terlepas dari mitos atau kepercayaan setempat dikembalikan kepada adat istiadat saja. Model baju batik sasaringan selain memiliki banyak makna juga mempunyai motif yang snagat keren dan modern.

Pesan Yang Tersirat Di Balik Motif Batik Sasirangan

Motif sasirangan sudah berpuluh-puluh motif yang telah dihasilkan, di antaranya Motif Gigi Haruan. Penjelasannya yakni gambar ikan Gabus, yang punya gigi runcing nan tajam. Maka dari itu, sasirangan gigi haruan nampak seperti gigi tajam. Tetapi makna sebenarnya yaitu sebuah intuisi ketajaman berfikir. Contoh-contoh model baju sasirangan modern :

  • Motif Jenis Hiris Pundak.

Motif hiris pundak melambangkan tanaman pandan, istilah bahasa masyarakat Banjar. Mereka lazim menanam tanaman hiris pundak dipekarangan rumah, dan kerap kali di pergunakan untuk memasak nasi, karena aroma yang dihasilkanya harum sekali. Selain hal itu, masyarakat banjar juga memanfaatkannya sebagai pewarna alamiah untuk kue yang disajikan saat acara-acara adat, seperti dengan prosesi perkawinan dll.

  • Motif Jenis Kambang Sakaki.

Motif kambang sakaki artinya sekuntum bunga. Layaknya setangkai bunga, akan melambangkan segala bentuk keindahan. Bukan hanya diterapkan pada kain sasirangan saja, motif kambang sakaki juga banyak di pakai untuk ornament-ornament khas suku Banjar. Misalnya dengan ukiran atau ornament pada rumah.

  • Motif Kambang Kacang

Kambang kacang melambangkan keakraban. Kambang kacang sudah terkenal sekali di kalangan suku banjar, dan telah dimanfaatkan sebagai sayuran segar. Motif kambang kacang, kebanyakan digunakan untuk model-model baju sasirangan wanita. Aslinya sih masih banyak beragam motif lain untuk model baju sasirangan. Misalnya cempaka sadewa, motif daun jaruju, tampak manggis, motif hiris gagatas, Bintang, dan kulat karikit. Berhubung adanya keterbatsan waktu, jadi belum sempat menjelaskan semuanya.

Baca juga :

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Trend Model Baju Sasirangan Modern Banjar. Sekian dan terimakasih.

Iklan

Baju Batik Terbaru

model baju kerja sasirangan, model baju sasirangan keluarga 2017

Post On: February 28, 2017
By: jaen soleh
loading...

Gallery of Model Baju Batik Sasirangan Modern Khas Kota Banjar

desain model baju batik sasaringan modernmodel baju batik sasaringan modernmodel baju batik sasaringan
Tags: , , ,